ECONOMIES and DISECONOMIES (EKONOMI MIKRO)

Nama: Siti Nurfadillah Rahmah Tasdir

Nim: 240907502028

Kelas: C


PENGERTIAN:

Skala Ekonomis adalah ketika peningkatan skala produksi menyebabkan penurunan biaya rata-rata (biaya per unit). Sedangkan Skala Disekonomis adalah ketika peningkatan skala produksi menyebabkan kenaikan biaya rata rata (biaya per unit) dan kedua hal tersebut bisa terjadi di tingkat internal dan external

SKALA EKONOMIS (INTERNAL)

Ketika perusahaan individu bertumbuh, mereka dapat memperoleh keuntungan dari biaya rata-rata yang lebih rendah karena:

    1. Pembelian: diskon untuk pembeliaan dalam jumlah yang besar

    2. Peralatan: produksi teknis lebih maju

    3. Managerial: memperkerjakan manajer yang lebih terspesialisasi

    4. Keuangan: akses keuangan terhadap pinjaman yang lebih murah dan sumber keuangan lainnya.

    5. Marketing: pemasaran merupakan biaya tetap yang dapat disebarkan ke lebih banyak output


SKALA EKONOMIS (EXTERNAL)

Ketika seluruh industri tumbuh di suatu area, perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari biaya rata-rata yang lebih rendah karna:

  • Lebih banyak tenaga kerja terampil
  • Investasi pada infrastruktur yang lebih baik
  • Pemasok yang berlokasi dekat dan memiliki reputas

SKALA DISEKONOMIS (INTERNAL)

Ketika sebuah perusahaan tumbuh terlalu cepat atau terlalu besar, mungkin menemukan biaya rata-rata mulai meningkat larna:
  • Kesulitan Komunikasi
  • Masalah Koordinasi
  • Masalah Pengendalian

SKALA DISEKONOMIS ( EXTERNAL)

Ketika keseluruhan industri dalam suatu industri di suatu area tumbuh terlalu cepat atau terlalu besar, perusahaan mungkin menemukan biaya rata-rata mulai meningkat karna:
  • Polusi dan kemacetan lalu lintas
  • Persaingan meningkatkan biaya faktor produksi

CONTOH SKALA EKONOMIS:

Merk fashion besar seperti ZARA dapat membeli bahan baku dalam jumlah yang sangat besar, seperti kain. dengan pembeliaan kain yang besar mereka dapat memperoleh harga bahan baku yang lebih murah ( diskon ) dibandingkan dengan produsen  kecil yang membeli dalam jumlah sedikit. Ini mengurangi biaya produksi per unit


CONTOH SKALA DISEKONOMIS:

Sebuah brand fashion yang kecil dan memproduksi beberapa  pakaian pertahun dengan jumlah yang sangat terbatas, mengalami pertumbuhan pesat dan memutuskan untuk menambah produksi dan membuka lebih banyak pabrik. Namun brand tersebut menghadapi tantangan seperti pengelolaan stok produk yang lebih rumit, kualitan produknya menurun dan kesulitan dalam mempertahankan desain produknya.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama