KEWIRAUSAHAAN
Kewirausahaan adalah proses menciptakan dan mengembangkan bisnis baru dengan inovasi dan kreativitas untuk memenuhi kebutuhan pasar dan menghasilkan nilai tambah, di mana pelakunya yaitu wirausawan, berani mengambil resiko untuk mencapai keuntungan dan bermanfaat bagi masyarakat, seperti menciptakan lapangan kerja baru dan inovasi
SCAMPER
Metode Scamper adalah teknik berfikir kreatif dan metode pemecahan masalah yang digunakan untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dengan memicu pertanyaan berdasarkan tujuh aspek:
- Subtitute (Mengganti)
- Combine (Menggabungkan)
- Adapt (Mengadaptasi)
- Modify (Memodifikasi)
- Put to Another Use (Dapat digunakan untuk hal lain)
- Eliminate (Menghilangkan)
- Reverse (Membalik atau Menata ulang)
BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)
BMC adalah alat untuk memvisualkan, menganalisis, dan mengembangkan model bisnis secara terstruktur dalam satu halaman, yang membantu pebisnis memahami gambaran besar suatu bisnis, yang dibagi menjadi sembilan elemen penting untuk menggambarkan bagaimana bisnis tersebut menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. BMC memudahkan pemahaman, perancangan, dan pengembangan model bisnis dengan menyajikannya dalam satu halaman seperti canvas. Tujuh elemen yang ada di BMC:
- Customer Segment
- Customer Relation
- Value Proposition
- Channels
- Key Partners
- Key Resources
- Key Activities
- Revenue Stream
- Cost Structure
Tags
Kewirausahaan
