OBJECTIVES and MARKET STRUCTURE

Nama: Siti Nurfadillah Rahmah Tasdir

Kelas: C

NIM: 240907502028

Objectives of Firms 

Dalam ekonomi, asusmsi dasar bahwa perusahaan adalah

  • Profit Maximisation (Pemaksimal laba). Ketika kita melihat berbagai agen ekonomi dan perusahaan adalah salah satu agen ekonomi tersebut. Tujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan laba, jadi itulah yang akan terjadi pada sebagian besar perusahaan dalam hal apa yang mereka coba capai
  • Survival (Bertahan Hidup) perusahaan rintisan kecil atau perusahaan yang sedang mengalami krisis mungkin hanya fokus pada upaya bertahan hidup. 
  • Growth (Pertumbuhan) Ekspansi melalu akuisisi/penggabungan atau pertumbuhan pendapatan mungkin mengorbankan memaksimalkan keuntungan
  • Market Share (Pangsa pasar) fokus jangka pendek pada mengungguli pesaing mungkin mendatangkan keuntungan lebih besar dalam jangka panjang
Tujuan yang berbeda akan berdampak pada perilaku perusahaan di pasar.



Market Structures
Example (Contoh):
  • Persaingan Sempurna: Teori ekstrim, penjual buah, pasar valuta asing
  • Persaingan Monopolistik: Penata rambut, perushaan taksi
  • Oligopoli: Supermarket, Produsen, Telepo
  • Monopoli: Teori ekstrim, royal mail, monopoli regional
Number of Firms (Jumlah Perusahan)
  • Persaingan Sempurna: sejumlah besar perusahaan kecil
  • Persaingan Monopolistik: sejumlah besar perusahaan kecil
  • Oligopoli: Sejumlah kecil perusahaan besar
  • Monopoli: Satu
Product Differentiation (Diferensiasi Produk)
  • Persaingan sempurna: Homogen (produk identik)
  • Persaingan monopolistik: produk serupa tetapi sedikit berbeda
  • Oligopoli: Diferensiasi tingkat tinggi
  • Monopoli: produk unik
Barriers to Entry and Exit (Hambatan untuk masuk dan keluar)
  • Persaingan sempurna: Nol
  • Persaingan monopolistik: sangat endah
  • Oligopoli: Tinggi
  • Monopoli: Sangat tinggi
Price Setting (Peraturan harga)
  • Persaingan sempurna: perusahaan adalah pengambil harga
  • Persaingan monopolistik: perusahaan adalah pembuat harga
  • Oligopoli: perusahaan adalah pembuat harga
  • Monopoli: perusahaan individual menetapkan harga


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama